Translate

Selasa, 25 Desember 2012

Mengatasi Laptop Lemot




Pekerjaan yang menumpuk mengharuskan kita bekerja ekstra agar pekerjaan selesai tepat waktu dengan hasil yang baik. Tapi bagaimana jika salah satu komponen yang kita gunakan tidak mendukung. Laptop lelet misalnya. Itu pasti sangat mengganggu, membuat bingung, dan emosi. Tentunya pekerjaan kita tidak akan selesai tepat waktu bila hal tersebut dibiarkan. Untuk itu kita sebaiknya secepat mungkin menemukan penyebab dan solusinya.
·         Penyebab
Biasanya laptop atau komputer yang lelet disebabkan oleh hal – hal sebagai berikut:
1.      Spesifikasi minimal tidak terpenuhi. Saat menginstal software kita harus memperhatikan Minimum Hardware Requirements. Agar aplikasi dapat bekerja optimal spesifikasi komputer harus lebih tinggi dari system requirenments system aplikasi atau software tersebut.
2.      Terlalu banyak software yang diinstal. Semakin banyak kita menginstal software ke dalam laptop atau komputer kita maka komputer akan semakin bekerja keras dan hasilnya adalah kompuer bekerja lambat. Apalagi jika dalam komputer terdapat banyak virus dll. Pasti akan semakin merugikan dampaknya nanti.
3.      Overheating. Komputer juga mempunyai batas penggunaan. Jadi kalau kita menggunakan komputer diatas batas wajar misalnya 24 jam maka komputer akan semakin panas dan mempengaruhi kinerja tentunya. Untuk itu diperlukan pendingin, lingkungan yang tepat, dan penggunaan yang wajar.
4.      Live time. Tidak hanya manusia, komputer juga mempunyai masa tua. Semakin tua usia komputer semakin menurun kinerjanya.
·         Solusi
Untuk mengatasinya kita harus melakukan langkah – langkah berikut:
1.      Mengetahui spesifikasi komputer kita. Dengan mengetahui berapa besar spesifikasi komputer, kita dapat memilih softare atau aplikasi yang cocok untuk diinstal ke dalam komputer kita. Kita juga dapat meningkatkan atau menambah spesifikasi komputer kita seperti RAM dll. Sehingga komputer kita dapat mengikuti perkembangan teknologi yang ada.
2.      Meng-instal program, aplikasi, dan software yang benar – benar diperlukan.
3.    Menjaga kebersihan. Menjaga komputer tidak cukup dengan hanya menjaga dari serangan virus saja. Tetapi kita harus menjaga kebersihan komponennya juga. Membersihkan debu pada komponen membuat komponen bersih dan tidak ada yang menghalangi sirkulasi udara. Sehingga mesin tidak cepat panas.
4. Mematikan atau men-disable program tertentu. Agar kinerja komputer optimal sebaiknya mematikan beberapa program atau pengaturan seperti mematikan aplikasiyang berjalan otomatis saat windows starup, mematikan system restore, dan mematikan automatic update.

0 komentar:

Posting Komentar